Minggu, 01 Maret 2015

Mengenal Arti Domain Authority dan Page Authority

RC Blog - Mengenal Arti Domain Authority dan Page Authority. Domain Authority atau yang biasa disingkat dengan DA serta Page Authority alias PA merupakan parameter untuk mengukur kualitas seo sebuah web. DA dan PA ini lebih tepatnya seperti mesin telusur yang kerjanya mengukur seberapa relevan artikel ataupun isi yang ada pada sebuh web atau blog. Memang terbilang baru dibandingkan parameter lain seperti PR dan Alexa Rank, namun akhir akhir ini, skor DA dan PA sangat diperhitungkan. Sebelum bertanya lebih jauh kenapa? Ada baiknya kita pahami satu persatu istilah tersebut.

Arti Domain Authority dan Page Authority

Apa itu DA atau Domain Authority?

Domain Authority dalam dunia SEO digunakan sebagai alat ukur untuk melakukan prediksi terhadap sebuah web atau blog yang tampil di halaman pencarian google. Gunanya untuk melihat kekuatan sebuah domain dari waktu kewaktu.

Beberapa faktor yang diperhitungkan dalam penilaian Domain Authority atau Otoritas Domain diantaranya Usia Domain, Popularitas, serta Ukuran. Nilainya 1-100. Skor 1 untuk nilai terendah dan 100 untuk nilai tertinggi. Jika ketiga faktor tersebut sudah dimiliki sebuah domain, maka akan berpengaruh untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.

Sedikit catatan, kalau menggunakan blogspot sebagai subdomain, maka akan langsung memiliki skor DA diatas 90, biasanya 93. Sedang subdomain wordpress.com skor DA langsung 100!

Apa itu PA atau Page Authority?

Page Authority kalau bahasa Indonesianya Otoritas Halaman. Istilah satu ini gunanya untuk memberikan gambaran probabilitas bahwa halaman tertentu di situs kamu bakal ditemukan dimesin pencari. Skornya gak jauh beda dengan DA yaitu 1-100.

Faktor yang mempengaruh pada Page Authority diantaranya relefansi informasi yang terkandung dengan link dalam halaman si web / blog satu sama lainnya. Nah untuk yang baru belajar main SEO jangan sampe kelupaan untuk perhatiin faktor SEO satu ini.

Lalu bagaimana cara melihat DA dan PA sebuah halaman web? Oke, mudah saja sebenernya. Tinggal masuk ke web MOZ.com atau menggunakan add ons Mozilla Firefox dan extension di Google Chrome.

Langsung aja ke TKP

Mozilla Firefox

Untuk chrome

jika ada pertanyaan berkomentarlah, demikian artikel yang saya post ini bermanfaat bagi anda
Share:  

0 komentar:

Posting Komentar